PELUNCURAN BUKU CERMIN KABUPATEN WONOSOBO

PELUNCURAN BUKU CERMIN KABUPATEN WONOSOBO

Wonosobo – Peluncuran 10 buku kumpulan cerita mini hasil pelatihan menulis cerita mini “2511 Cermin Menyambut Hari Guru Nasional Bersama Duta Baca Indonesia” Kabupaten Wonosobo dilaksanakan di Sasana Adipura Kencana pada hari Kamis, 24 November 2022. Peluncuran buku cermin menjadi satu rangkaian dengan kegiatan Seminar Hari Guru Nasional. Selain 10 buku kumpulan cerita mini, terdapat satu buku kumpulan praktik baik para guru dan kepala sekolah di Kabupaten Wonosobo yang tergabung dalam Komunitas Guru Belajar (KGBN) Wonosobo. Sebelas buku tersebut diterbitkan melalui SIP Publishing Purwokerto. Peluncuran buku dihadiri oleh Kepala Dinas Dikpora, Ketua Komunitas Aksara Bermakna (KAB), Ketua Komunitas Guru Belajar (KGBN) Wonosobo, tim dari SIP Publishing, dan ±400 peserta seminar yang berasal dari guru TK/PAUD hingga SMA/SMK.

Peluncuran buku dimulai dengan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait dalam penyelenggaraan pelatihan menulis cermin pada Oktober 2022 lalu. Usrotun Hasanah, ketua KAB sebagai ketua penyelenggara pelatihan menyampaikan bahwa melalui pelatihan menulis cerita mini diharapkan para guru dapat menggali ide dan imajinasinya sebagai bentuk kreativitas para guru. Selain itu, guru dapat mengembangkan karirnya melalui karya seni sastra cerpen. Indra Gunawan, owner SIP Publishing menambahkan bahwa menulis cerita mini dapat menjadi gerbang awal bagi para penulis untuk selanjutnya menulis karya sastra yang lebih panjang seperti cerpen dan novel.

Setelah itu secara simbolis Indra Gunawan menyerahkan buku cermin kepada ketua KAB. Selanjutnya ketua KAB menyerahkan buku cermin kepada Kepala Dinas Dikpora. Demikian juga dengan buku antologi praktik baik para guru dan kepala sekolah.Peluncuran buku diakhiri dengan pengumuman 10 karya terbaik. Selanjutnya penyerahan hadiah kepada para pemenang. Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Wonosobo, Drs. Tono Prihatono dalam sambutannya menyampaikan bahwa guru yang mau belajarlah yang berhak mengajar. “Bapak dan Ibu jangan pernah bosan belajar, KAB dan KGBN merupakan wadah yang tepat bagi Bapak dan Ibu dalam belajar,” tandas Tono Prihatono.

(Ditulis Usrotun Hasanah, Ketua KAB)

 

Leave a Reply