Safari Literasi di SMP 3 Sokaraja Banyumas

Gelorakan Gerakan Indonesia Menulis, Duta Baca Indonesia Sambangi Banyumas.

BANYUMAS – Dalam rangka menggelorakan Gerakan Indonesia Menulis, Sip Publishing Purwokerto bersama Duta Baca Indonesia, Komunitas Penulis Pendidik Pelajar Nusantara (KP3N), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Purbalingga.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, menggelar kegiatan safari literasi yang diadakan di SMP 3 Sokaraja, Jumat (24/9) pukul 09.00 pagi tadi hingga pukul 11.00 WIB.

Selain dihadiri oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Dinas Arpusda Kabupaten Banyumas, serta Dinas Arpusda Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh peserta yang terdiri dari guru-guru SMP dan tokoh masyarakat.

Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong, Duta Baca Indonesia Periode 2021 – 2025 mengatakan, gerakan literasi di Banyumas jika dilihat dari fenomena yang ada sudah sangat bagus.

“Kalau di Banyumas kita bisa liat indikasinya sangat bagus dengan banyaknya buku, itu tidak ada yang menulis buku tanpa proses membaca, di Purwokerto ada Ahmad Tohari, ada Komunitas Heru Wadas Klis di Karangklesem, jadi Banyumas okelah, tinggal banyak memproduksi buku,” katanya.

Adanya kegiatan itu dapat meningkatkan motivasi literasi, dengan tujuan menggerakkan semangat menulis dan membaca.

“Safari literasi itu kita berkampanye tentang Gerakan Indonesia Menulis, jadi setelah membaca menulis,” lanjutnya.

Sementara itu, Indra Defandra, Owner SIP Publishing mengungkapkan, terdapat rangkaian kegiatan dalam kegiatan safari literasi itu, seperti digelarnya pelatihan menulis oleh KP3N, dan Webinar dengan Perpunas.

“Sasarannya adalah masyarakat umum yang ingin bergerak diliterasi dan pengen belajar menulis, dan mungkin nanti pengen belajar literasi keluarga dan literasi sekolah, karena kita ada materi literasi sekolah,” ungkapnya.

Dapat semakin menggiatkan gerakan literasi guru-guru dan masyrakat umum, point penting dari kegiatan safari literasi itu, menurutnya, minat baca masyarakat semakin meningkat.

 

Leave a Reply